Mengenai Printer ID Card/Mesin ID Card

Printer ID Card/Mesin Cetak Kartu/Mesin ID Card bekerja dengan menggunakan printhead berfungsi sebagai pemanas di atas ribbon, yang mentransfer warna ke kartu PVC untuk membuat desain sesuai yang dikirimkan dari komputer.

Secara umum ada 2 teknologi Printer ID Card, yaitu Direct to Card yang menggunakan metode dye sublimation dan Reverse Transfer Printing/Retransfer. Untuk teknologi Retransfer, selain membutuhkan ribbon tetapi juga menggunakan material tambahan yakni film.

  • Direct to Card Printing
    Direct to Card Printing, juga dikenal sebagai pencetakan ID Card dye sublimation adalah metode paling umum yang digunakan untuk mencetak gambar langsung ke permukaan ID Card.

    Dengan pencetakan langsung ke ID Card, Printer ID Card mentransfer warna langsung ke atas sisi ID Card dengan memanaskan ribbon di bawah printhead. Panas dari printhead menyebabkan ribbon menguap menjadi gas, yang kemudian berdifusi ke permukaan ID Card, di mana ia mengeras, atau menyublim, menjadi padat, menghasilkan pigmentasi warna yang tahan lama pada permukaan putih ID Card, yang tahan gores dan pudar.
dye-sublimation
Dye-Sublimation

Contoh Printer ID Card Direct to Card : Pointman Nuvia N10, N15, N20 Dual

  • Retransfer Printing
    Retransfer Printing adalah proses cetak berkualitas tinggi yang berfungsi dengan terlebih dahulu mentransfer ribbon ke film . Setelah design tercetak pada film, film kemudian dilaminasi ke ID Card. Dengan menempatkan ribbon ke film daripada ke permukaan ID Card langsung, pencetakan menghasilkan saturasi warna yang lebih dalam dan resolusi yang lebih baik daripada proses pewarnaan dye sublimation.
Retransfer Printing

Contoh Printer ID Card Retransfer : Pointman NR Series